Selasa, 22 Februari 2011

TERAPI GARRA RUFA

Sehat Digigit Garra Rufa
istimewa
Palmerah, Warta Kota
Selama ini, banyak orang mengira bahwa ikan laut maupun sungai hanya sebatas digunakan sebagai lauk-pauk maupun hiasan di akuarium. Tapi lain halnya dengan ikan garra rufa asal Turki atau yang biasa dikenal dengan "the doctor fish" (sang ikan doktor) berkasiat menyembuhkan penyakit kulit.
Ikan yang berukuran maksimal 14 cm tersebut mampu memberikan khasiat terapi karena memiliki enzim yang dapat menormalkan proses pembaharuan kulit dari hasil sekresi ikan pada saat menggigit.
Salah satu negara yang telah berhasil mengembangkan spa garra rufa adalah Turki di mana hampir di semua provinsi memiliki tempat spa (kolam) yang bersumberkan mata air panas untuk terapi spa garra rufa.

"Ikan ini sebagai ikan pembersih karena hanya memakan daerah kulit yang mati atau terinfeksi, dan meninggalkan kulit yang sehat,"
.
"Pada saat kaki dimasukkan ke dalam kolam, ikan tersebut langsung menggigit. Tapi tidak sakit kok, hanya pertamanya geli, tapi seterusnya enak," ujarnya.
Ketika ikan itu menggigit, lanjut dia, ikan tersebut mengeluarkan enzim unik bernama dithranol (anthralin) yang dapat menghambat pertumbuhan sel kulit yang terlalu cepat. Oleh karena itu, gigitan ikan itu dipercaya dapat membantu para penderita penyakit kulit seperti psoriasis.
Selain itu, kata dia, manfaat dari terapi tersebut di antaranya mampu memproses eksfoliasi (pengelupasan kulit mati) yang lebih alami dan organik, meningkatkan penyerapan kelembaban kulit, memperlancar sirkulasi darah, mengurangi dan menghilangkan bekas luka, membantu peremajaan kulit, membuat kulit lebih halus dan bersih, dan lainnya.
"Terapi ini belum bisa diketahui khasiatnya, jika hanya dilakukan sekali, melainkan harus tiga sampai empat kali," katanya.
Untuk hasil terbaik, kata dia, direkomendasikan bagi penderita menghabiskan waktu berendam selama delapan jam per hari selama dua sampai tiga hari.
Spa garra rufa ini awalnya hanya sebatas di negara Turki, namun kini berkembang di negara-negara lain seperti China, Jepang, Korea Selatan, Singapura, dan Malaysia.
Setelah melihat kesuksesan spa garra rufa di Turki, baru kemudian pada tahun 2008 Amerika Serikat mulai mengembangkannya.
Sejarah garra rufa
Garra rufa telah dikenal ratusan tahun oleh masyarakat Turki sebagai ikan yang dapat mengobati penyakit kulit yang hidup di sumber air hangat daerah Kangal.
Sumber air hangat Kangal pertama kali diketahui pada tahun 1800, saat seorang pengembala yang terluka kakinya sering berendam di kolam air hangat itu dan ternyata lukanya berangsur sembuh.
Sejak saat itu, kesembuhannya mendapat perhatian masyarakat dan pada tahun 1950 oleh pemerintah administrasi Sivas di Turki membangun beberapa kolam dan fasilitas pendukung lainnya di daerah tersebut.
anda ingin merasakan terapi si dokter ikan.....?  kunjungi aja alamat ini. jl.swa sembada barat V no.14 RT.010/09 Kel.Kebon bawang tg.priok  Jak-U

Tidak ada komentar:

Posting Komentar